Q lalai dan lupa "merayu"-NYA

Siapa yang tidak pernah berdo’a ? rasanya hampir tidak ada ya, karena “Siapa yang tidak mau memohon kepada ALlah, maka ALlah akan murka padanya”, “Janganlah kalian menjadi lemah dalam berdoa. karena tidak ada seseorang yang binasa karena berdoa”, “Sesungguhnya ALlah mencintai orang yang terus menerus dalam berdoa”, demikianlah beberapa pernyataan yang diingatkan kekasih utamaNYA kepada kita. Lantas mengapa doa kita belum dikabulkan ?

Ibnul Qayyim dalam bukunya (terjemahan) “setiap penyakit ada obatnya”, menyebutkan beberapa hal, yang mungkin jadi penyebab, belum dikabulkannya doa kita:

  • Ketahuilah bahwa ALlah tidak menerima doa orang yang hatinya lalai. Kelalaian hati dalam mengingat ALlah ataupun karena memakan sesuatu yang haram yang dapat menggugurkan kekuatan hati.

Dalam Sahih Muslim riwayat Abu Hurairah, RAsuluLLah SAW menyebutkan seseorang yang mengadakan perjalanan jauh, lusuh dan berdebu, yang menengadahkan tangannya ke langit seraya berkata, “Ya Rabbi, Ya Rabbi,..” sementara makanannya haram, pakaiannya haram, mencari makan dengan cara haram, maka mana mungkin doanya itu dikabulkan ?

  • Hal lain yang menghalangi dikabulkannya doa adalah, kurangnya kesabaran, jika hamba menginginkan pengabulan dengan segera dan ia menganggap lambat dalam pemenuhannya, lantas ia merasa letih, jemu dan akhirnya tidak mau berdoa lagi

Dalam Sahih Muslim riwayat Abu Hurairah, RAsuluLLah SAW bersabda, ” Senantiasa dikabulkan bagi hamba selagi ia tidak berdoa untuk suatu dosa atau memutuskan hubungan persaudaraan, asalkan ia tidak terburu-buru.” Ada yang bertanya, “Wahai RAsuluLlah, apa yang dimaksud dengan terburu-buru itu ?” Beliau menjawab, “Orang itu berkata, ‘aku sudah memanjatkan doa, dan aku sudah memanjatkan doa lagi, namun belum kulihat doaku dikabulkan’, lalu ia merasa letih saat itu dan meninggalkan doa”

DOA vs MUSIBAH

AL Hakim meriwayatkan dalam shahihnya, dari Aisyah ra, RasuluLLah SAW bersabda : “Tidak ada gunanya menolak qadar. Sedangkan doa mendatangkan manfaat terhadap apa yang sudah turun dan terhadap apa yang belum turun. Sesungguhnya musibah benar-benar turun, lalu doa menghadangnya, hingga keduanya saling menyerang hingga hari kiamat

Waktu-waktu pengabulan doa

  • Yang utama di sepertiga terakhir waktu malam

Ya ALlah, ampunilah hambaMU, yang terkadang masih lalai dan kurang bersabar :(( memohon kepadaMU

DENGAN RAYUAN

Nah ternyata ada yang kurang, Ibnul Qayyim mengingatkan kita dengan mengutip beberapa hadis, bahwa ALlah SWT senang jika dirayu dengan cara menyebut-nyebut AsmaNYA:

  • Asma ALlah yang paling agung ada di AlBaqarah 163, Laa ilaaha illaLlah ar Rahmaanurrahiim (Tidak ada ilah selain Allah, Yang MAha Pemurah Lagi MAha Penyanyang)
  • Yaa hayyu yaa qayyuum, birahmatika nastaghitsu (Wahai Yang Maha Hidup, Wahai Yang Terus menerus mengurus makhlukNYA, dengan RahmatMu kami memohon pertolongan)

18 responses to this post.

  1. Kakandaku …
    Mohon maaf Lahir bathin ya …

    Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan ..

    Semoga ALLAH senantiasa memberkahi kita semua
    Amien

    Salam

    kakanda:

    sama-sama mas Enha🙂

    Reply

  2. Cop pas.😀
    terima kasih tausyahnya kakanda.

    kakanda:

    sama-sama mas joko🙂

    Reply

  3. betul kakanda
    masih sangat banyak hambaNya
    tak didengar Allah doanya
    karena mereka blm masuk ke
    dalam Islam secara kaaffah

    kakanda:
    😦

    Reply

  4. aku sering merayu
    ya, mirip dengan yang Ibnul Qayyim sarankan

    kakanda:

    hanya tinggal selangkah kang🙂

    Reply

  5. wah….renungan bagus nich…..met puasa yaks….

    kakanda:

    sama-sama🙂

    Reply

  6. wah yg terakhir aq copy ya pak, selama ini kl doa ga pernah pake ngerayu, to the point aja hehehe

    kakanda:

    silahkan mba🙂

    Reply

  7. terima kasih motivasinya…🙂

    kakanda:

    sama-sama🙂

    Reply

  8. Mari kita bermanja2an dengan Panitia Ujian….🙂

    kakanda:
    🙂

    Reply

  9. wah… trimakasih tausiyahnya pak🙂

    memang sepertinya kita2 ini jarang sekali mau meluangkan waktu utk “merayu”.. kebanyakan maunya soalnya.. hehe

    kakanda:

    kita mulai saja untuk tidak lupa “merayu” NYA🙂

    Reply

  10. Iya…
    Slama ini kita egois kita hanya bisa meminta dan memohon agar Dia memanjakan kita dengan mengabulkan semua permohonan kita….
    Tapi kita sendiri begitu jarang memanjakan-Nya…

    Semoga Allah memaafkan dan memberikan setitik cahaya terang agar kita bisa lebih dekat lagi dengan-Nya (amin)…

    Reply

  11. Posted by yessymuchtar on September 9, 2008 at 10:02 am

    berguna banget buat pengetahuan, seni berdoa agar di kabulkan Allah …thx ya kakanda

    Reply

  12. Kalo perempuan merayu biasa kan? Tapi kalo laki merayu……???
    He..he..
    Biasa juga….🙂

    Reply

  13. yah…. memang sebenrnya yg butuh itu kita, manusia, maka selayaknyalah kita mengoptimalkan berdo’a kepadaNya …

    nice tips ….. ternyata dengan pujian2 nama2 Nya, menambahkan kekuatan untk di kabulkan oleh Nya

    Reply

  14. I love ALLAH …. tempat saya meminta dan mengadu🙂

    kakanda:

    semoga si DIA mengabulkan permohonan hambaNYA

    Reply

  15. Posted by Mang Kumlod on September 11, 2008 at 9:37 am

    Merayu-rayu pas sahur sering dilalaikan dengan para bencong dan kekonyolan pelawak di tipi… Kalau tipi ga punya tapi belum merayu-rayu, duuh… maluw daku…

    kakanda:

    bagus memang kalau nda punya tipi
    kalau ada tipi, mending lihat PPT

    Reply

  16. Posted by siafa on September 11, 2008 at 10:07 am

    BEtulbangettuh kita emang haru banyak mmanjatkan doa padanya.. waalo sebenarnya tanpa kita berdoapun Alloh tettap memberikan segalanya pada kita apa yang kita perlukan karena dia sudah menjamin segala hal tentang hambanya,,, doa hanya untuk memperjelas SIAFA diri kita dan siafa dia..kita bukan SIAFA – SIAFA hanya seorang hamba tak pny apa2. DAN DIA adalah SHANG RAJA..

    kakanda:
    kita bukan SIAFA-SIAFA🙂

    Reply

  17. Subhanallah… Alhamdulillah… Allahuakbar…

    kakanda:

    Tiada Ilah selain DIA

    Reply

  18. Subhanalloh.
    Do’a adalah senjatanya orang mukmin.
    Do’akan saya ya, pak Kakanda.🙂

    kakanda:

    di doa’in apa nih🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: