Jawaban Kuis 1: Berapakah usianya ?

Mengacu pada kuis yang telah diberikan, dan dari sekian banyak yang mencoba menjawab, ternyata hampir tidak ada yang mencoba menggunakan logikaBerikut jawaban kuis tersebut:

  1. Nabi SAW sedang berada di salah satu rumah istrinya, nama panggilannya Ummu Fadhil, siapakah ia sebenarnya ? Jawaban untuk no 1 ditunda dulu ya,….­čÖé
  2. dan 3 terkait no 4
  3. Istri pertama khawatir, jika ternyata istri kedua adalah mahramnya (yang tidak boleh dinikahi oleh suaminya). Tapi ternyata karena disusui hanya satu dua kali hisapan, kata RasuluLlah SAW, tidak menyebabkan kemahraman
  4. bisa muncul pertanyaan berikutnya ….
  5. Benang merahnya ?

Dari hadis tersebut dapat diperkirakan, seandainya istri pertama dalam usia 20 tahun ketika menyusui anaknya juga menyusui anak tetangga (yang kemudian hari jadi istri suaminya), maka pada saat suaminya bertanya pada Rasul SAW perbedaan usia para istrinya 20 tahun. Seandainya istri kedua usianya 20 tahun, maka istri pertama usianya 40 tahun.

Seandainya istri pertama dalam usia 30 tahun ketika menyusui anaknya kesekian, juga menyusui anak tetangga (yang kemudian hari jadi istri suaminya), maka pada saat itu, perbedaan usia para istrinya adalah 30 tahun . Artinya seandainya istri kedua dinikahi pada usia 20 tahun, maka istri pertama usianya 50 tahun.

Hadis ini memberi informasi bahwa, perbedaan usia para istri cukup besar. Jadi ketika akan menikah lagi, tidak ada petunjuk yang mengatakan bahwa, yang┬ádinikahi┬áharus janda, yang dinikahi┬áharus yang┬ásudah tua, istri pertama harus meninggal dulu, dan seterusnya dan seterusnya, ini┬áadalah benang merahnya. Jadi tidak ada kata “harus” begini, harus begitu,┬ákarena ini adalah pilihan, termasuk jika tidak ingin menikah lagi­čÖé

7 responses to this post.

  1. saya setuju bagian terakhir. poligami itu pilihan. kalau tidak mampu, ya ga usah. kalo mampu adil dalam menafkahkan dan diridhoi istri tua, ya monggo..

    sebenarnya saya udah mikir gitu loh, bu. tapi jawaban pastinya belum nemu. he he

    kakanda:
    tidak perlu menunggu ridho istri­čÖé, (katanya lho )

    Reply

  2. intinya klo mau menikah lagi silahkan… klo ga ingin menikah lagi silahkan.. yang penting gimana menjalaninya..

    ah berat juga rasanya prakteknya.. cari ilmu ikhlas dulu ah.. dimana ya…­čśŤ

    kakanda:
    kok sudah merasa berat ?
    Memang sudah mempraktekkan ?­čśÇ

    Reply

  3. oo ini ya jawabannya… bener telmi deh aku…(padahal sih gak biasa mikir berat hehe )….
    btw, gak perlu nunggu ridho istri?, apa ini dapat dikatakan adil?

    kakanda:
    kelihatannya perlu lihat lagi tulisan saya mengenai adil
    disini

    Reply

  4. Posted by dimasu on July 7, 2008 at 7:42 pm

    kakanda mau dipoligami? *nakal mode on*^^

    hehe. kadang orang dengar kata poligami arahnya negatif. padahal belum tau secara mendalam apa itu poligami­čÖé
    (duh. kok jadi pro poligami gini yah. waah. saya bukan poligamiers loh) *kabur*

    btw, mengenai masalah umur. ada sunah Rasul yang mengatakan pasangan harusnya yang sekhufu (sepadan). nah, kaitannya dengan umur gimana, bu? soalnya kalo terlalu muda kan jadi ga sepadan lagi, baik fisik maupun cara berpikirnya.

    kakanda:
    pengen tahu usia para istri-istri RAsul SAW ? silahkan lihat disini
    http://kakanda.wordpress.com/2007/11/21/info-3-pernikahan-rasul-saw/

    Reply

  5. wah ,,,, maaf ngga bisa nebak

    kakanda:
    tidak perlu nebak, hanya butuh sdikit logika

    Reply

  6. subhanallah­čÖé

    kakanda:
    jadi,…

    Reply

  7. bagaimana dengan cerita yang ini. dahulu kala, salah seorang anak perempuan Nabi ingin dipersunting oleh salah seorang sahabat Nabi. Tetapi Nabi menolak dengan lembut, karena usia sang sahabat jauh di atas putrinya. Sahabat mengerti akan hal itu. Nabi pun menganjurkan anak perempuannya agar menikah dengan seorang pemuda yang sebaya.
    Nah, kuisnya, siapakah anak perempuan Nabi itu? apa hikmahnya?
    *loh. jadi bikin kuis juga :p*

    hehe. afwan afwan… cuma melempar wacana ^^

    kakanda:
    2 putri nabi dinikahi oleh sahabatnya, yang usianya sudah relatif tua
    1 putri nabi dinikahi oleh ponakannya,
    hayo siapa …­čÖé

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: