Mengungkapkan (bahasa) cinta

bahasa cintaAlkisah seorang pria A yang kurang memahami bagaimana mengungkapkan bahasa cinta, telah menikahi seorang wanita yang ternyata sangat menginginkan suaminya mengungkapkan secara verbal. Seorang pria yang tidak terlatih ber-empati, pendiam. Kalaupun berkomunikasi, lebih sering kurang dipahami (bahasa lain dari sering disalahmengerti). Pernah, tidak dipungkiri menyakiti secara fisik beberapa kali, apalagi secara psikis😦 (tidak terhitung, kata istrinya)

Apa yang terjadi setelah lebih dari sepuluh tahun perjalanan bahtera perkawinan mereka ?

Si Pria telah belajar bagaimana mengucapkan terimakasih, setiap istrinya telah melakukan sesuatu untuknya (yang awalnya ia pikir, toh itu sudah menjadi kewajiban si istri). Si Pria juga telah belajar, untuk menyatakan, aku cinta kamu, I love You, Ich liebe Dich di saat-saat tertentu, lebih sering lebih baik, karena ternyata bahasa sikap yang selama ini ia tunjukkan, bahwa ia mencintai istrinya (karena ALlah) ternyata belum cukup.

Ia kini telah mencoba berproses lebih dekat denganNYA (kami sering berdiskusi), sehingga ia merasakan emosinya lebih mudah terkontrol, terutama ketika menghadapi istrinya yang sering mencemburuinya.

Mohon maaf bila ada kesamaan tokoh ataupun cerita, ini kisah nyata dan saya hanya mencoba berbagi. Nama dan alamat ada pada redaksi🙂

20 responses to this post.

  1. Belum pernah nikah (dan berhubungan khusus dengan orang), jadi ga tahu gimana rasanya “berubah” karena pasangan. Mungkin nanti, aku akan berubah seperti laki-laki itu (karena aku juga orang yang ga bisa ngungkapin perasaan secara verbal)? entahlah…
    Hehehe, makasih dah mampir ke tempatku ya Mbak… ^_^

    kakanda:
    maaf saya jangan dipanggil mba😦

    Reply

  2. Gpp ko’ hihih…Mencintai istrinya karena ALlah harus dapat dikomunikasikan ke istri dong….Kuncinya komunikasi… Gimana istri tau kalo suami sayang ma si istri kalo kerjaannya mbaca buku agama, kemesjid, dari mesjid ngisi cerama…lha kapan ketemunya?, senggaknya kan harus ada penjelasan dari sikapnya ini…Apalagi bila si istri belum matang pemahamn agamanya….Kalaupun gak punya waktu bnyak tuk cuap2, sekedar megang tangan , memandang mesra, mengecup kening, dan lain lain dapat membahagiakan/melegahkan…… Soalnya menghadapi suami yg kaku/gak romantis kadang buat si istri ragu, terlintas dalam pikiran, jangan2 si suami udah gak cinta, jgn2 ada Wil dll…..

    kakanda:
    terimakasih, nanti saya sampaikan ke ybs

    Reply

  3. pertamax

    lebih mahal daripada bensin

    kakanda:
    karena di moderatori ngga ketahuan siapa pertamax🙂

    Reply

  4. ohh pengalaman sahabat nya bapak?!! bukan pengalaman pribadi hehehe…

    oh iya boleh nambahin lagi untuk kata2 “i love u, ich liebe dich” dari bahasa jepun ni “Ai shite iru”😀

    mungkin lebih pada komunikasi kali ya… keterbukaan… pengertian… pemahaman… dan kan pernikahan nya juga dah lama jadi setidaknya telah memahami dan mengerti klo memang pasangannya seperti itu tidak bisa romantis… tp punya cara sendiri buat menyatakannya… sok tau banget dech saya hehehe…

    tp intinya bagaimana mengkomunikasikan nya dengan pasangan…🙂 insyallah bisa klo mau…

    kakanda:
    Masih sebatas teori ya mba,…🙂 ayo segera praktekkan

    Reply

  5. Posted by QanaahSholihah on June 27, 2008 at 11:59 am

    Naaah.. gitu dong. Msg2 pasangn msti sadar untk menumbuhkn “kuncup2” cinta itu agar tmbuh smarak bunga2nya indah dalam kebun Sa- Ma-Ra

    kakanda:
    perlu saling memahami, katanya

    Reply

  6. Posted by fetro on June 27, 2008 at 1:32 pm

    setuju kalo cinta harus terungkapkan dengan jelas. ungkapan verbal cinta tetap harus terlihat dari tindakan nyata.

    kakanda:
    jadi ternyata perlu dua-duanya🙂

    Reply

  7. uhuy. romantisme dalam hal komunikasi. sangat penting..baik hubngan vert maupun hozontal🙂

    kakanda:🙂

    Reply

  8. Cinta itu Indah………..
    Lebih Indah bila Cinta itu karena ALLAH

    kakanda:🙂

    Reply

  9. aQ org yg susah mengekspresikan sesuatu terutama klo berhubungan dengan apa yang aQ rasaian, tenah itu marah, senang, atau apa ajalah. Termasuk saat suka sama org. Makanya dulu aQ srg gagal di depan banyak org. Sekarang aQ g mau gagal lagi, aQ udah punya pacar dan sahabat2 yang baik, aQ selalu bilang ke mereka klo aQ sayang sama mereka🙂 meski untuk marah masih tetap sulit buatQ begitupun dengan ngungkapain jalan pikiranQ yg numpuk dn g terarah sampe g tahu mau ngomong apa…hehe…tapi aQ akan berusaha lg dech. >_<

    kakanda:
    Sudah tidak sendiri lagi ?
    Bingkailah semua karena Allah ya🙂

    Reply

  10. Posted by agoezi on June 28, 2008 at 2:42 pm

    Sama istri seharusnya ya ungkapin donk rasa cintanya🙂
    Istri kan sebuah anugrah😀

    kakanda:
    Kata sahabatku, sebenarnya sudah diungkapkan dengan perbuatan,
    tapi ternyata perlu juga sering-sering secara verbal

    Reply

  11. Ketika seorang suami dengan tulus mengatakan bahwa masakan istrinya sangat nikmat, dan sang suami pun makan dengan lahap, saya sudah merasakan rasa cinta tanpa perlu diucapkan🙂

    kakanda:
    Kalau saya makan dengan lahap, ngga pernah bilang apa-apa😦
    Kalau sahabat saya ? Nanti saya tanyain

    Reply

  12. subhanallah

    cerita ini …..

    Reply

  13. makanyaaaa mas…buruan bilang sayang ke istrinyaah yaaah😉

    before it’s too late..😉

    kakanda:
    Tidak ada kata terlambat mba Fini🙂

    Reply

  14. waa intinya komunikasi kan kakanda??

    kakanda:
    Betul🙂
    saya juga belajar dari sahabat saya,…..

    Reply

  15. Memang ga semua ungkapan cinta harus dengan kata-kata, karena mungkin merasa bukan type romantis. Banyak juga yang lebih enjoy mengungkapkan lewat tindakan (seperti saya🙂 ).
    Walau saya belum menikah, saya dapat melihat (dari banyak teori yang didapat) bahwa kuncinya adalah keterbukaan dan komunikasi, he..he…

    kakanda:
    Kuncinya adalah terkomunikasikan🙂

    Reply

  16. wah.. bisa seperti itu yah.. keren banget donk.. nice story..

    kakanda:
    wah ada “anak kecil”🙂

    Reply

  17. Nikah yah……

    X-O

    masih jauh kayaknya nih

    kakanda:
    jauh dekat, relatif kok🙂

    Reply

  18. salam…
    ada satu pesan dari Manusia Utama,”sebaik-baik kamu adalah
    yang berberlaku lembut terhadap istrinya[keluarganya]….”
    semoga ALLAH mudahkan..:)

    kakanda:🙂

    Reply

  19. kadang sayang dan cinta memang harus diungkapkan dalam kata2.. walaupun dalam perbuataan dan pembuktian sikap serta perilaku jauh lebih bisa terlihat dan dirasakan🙂

    so, tunggu apalagi??
    ungkapan rasa itu!!
    hehehehe

    kakanda:
    iya nih, perlu banyak belajar🙂

    Reply

  20. I do Love My Love…🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: