Sedikit tertawa, banyak menangis

“Andai kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” (HR. Bukhari dan Muslim) 

Membaca tulisan menghiasi hati dengan menangis, saya teringat diri saya sendiri. Alhamdulillah saya merasa tidak terlalu sering tertawa. Tapi banyak menangis ? :)), :)), :)). Saya laki-laki, dididik hampir tidak pernah menangis. Rasanya jari tangan + kaki saya masih bersisa, jika di hitung, sudah berapa kali saya menangis.

Tertawa tidak dilarang, Rasul SAW juga terkadang “bercanda”, maksud hadis tersebut kita 
diingatkan untuk “introspeksi”.

Sumber:

One response to this post.

  1. Assalamu’alaikum

    Memaknai postingan antum, ana berpikir lebih kali ini. Betapa tidak; ditengah kehidupan pribadi yang merasa lebih banyak dosa dibanding kebaikannya, masih bisa-bisanya melalaikan muhasabah. Canda tidak dilarang, tapi merenungi, introspeksi dan kemudian ishlah atas semua-mua kesalahan, semoga dapat mengurangi perbuatan tidak baik itu.

    Satu hal; ditengah sebagian besar dari penduduk negeri ini (ana tidak tahu data penduduk negeri lain) sedang kekurangan, bisa-bisanya kita masih lebih banyak tertawa dibandingkan ‘bersedih’. Realita bahwa rasa kemanusian itu mulai luntur? Ah; aku tidak tahu itu.

    Sebagian orang (pelawak) boleh jadi akan berkata: “terkadang diam itu emas, namun boleh jadi bahwa tertawa itu segalanya”. Ya iyalah, kalau tidak ketawa berarti lawakannya tidak lucu. Pasti tidak dapat job lagi donk!

    Kalimat saya yang ingin daigaris bawahi adalah, bahwa dengan sedikit tertawa akan memberikan ruang yang lebih banyak kepada otak untuk berpikir kritis atas apapun realita yang tengah dan akan terjadi. Tentang akidah, perekonomian, pendidikan, dan banyak lagi realita yang terjadi di negeri ini. Dan dengan kekritisan pikirannya, ia akan memaknai hal-hal tersembunyi dari setiap ayat-ayat Allah baik kauniyah maupun kauliyah. (udah dulu ah, akhi; nanti kepanjangan)

    Wassalamu’alaikum wr wbr

    kakanda:

    Wa’alaikum salam wR.wB.
    terimakasih atas masukannya🙂

    Reply

Leave a Reply

